37A Wisata kota murah yang dapat menjadi alternatif liburan keluarga di Jakarta salah satunya adalah Hutan Kota Srengseng. Kami tinggal bertetanggaan dengan sang hutan kota yang merupakan salah satu paru paru kota ini, bahkan dapat dicapai hanya dengan puluhan langkah kaki :).  Jadi no wonder, sering jadi tempat pelarian saya dan Oliv kalo weekend lagi gak ada acara atau malas kemana mana atau sedang tanggal tua hehehe. Hutan Kota Srengseng dapat dicapai dengan transjakarta koridor 8, turun di halte sasak. Dari situ masih perlu berjalan sekitar 800an meter atau kalo malas jalan bisa naik ojek 😀

Jam operasional adalah jam 6 am – 6 pm, tidak ada biaya masuk, cukup dengan membayar parkir jika membawa kendaraan. Ada acara tahunan yang biasanya diadakan pada bulan Agustus yaitu Festival Budaya Betawi, dimana akan ada perform kebudayaan betawi plus kuliner khas betawi. Tapi lucunya, kami belum pernah sekalipun kesana pada saat festival, abisnya penuh banget pengunjungnya, sampai tumpah ke jalan2. Waktu hamil Oliv dulu saya rajin donk jalan pagi di sini (demi lahiran lancar kan katanya harus banyak gerak dan Puji Tuhan memang lancarrrr), tapi setelah lahiran malah jadi malas 😦 gak heran lemak2nya betah sampai sekarang rutinitas emak2 di pagi hari nih yang patut disalahkan hehehe….Padahal asik banget lho kalo lari pagi atau hanya sekedar jalan santai disini, segerrr.

Disini ada playground anak, jogging track, danau buatan *yang seringnya keruh* dan biasanya dimanfaatkan untuk memancing (tapi kalo musim hujan lumayan indah sih). Hari minggu pagi ada senam pagi gratis, beberapa wahana permainan anak (odong2, kereta, tangkap ikan, dll), juga banyak penjual makanan. Tapi kalo mau lebih amannya sih bawa bekal aja dari rumah ya, walaupun sesekali mommy oliv jajan juga disini 😀

Banyak instansi yang suka bikin acara pelestarian alam dengan cara menanam sekian ratus bibit pohon di hutan kota ini, tapi kalo saya jalan sampai ke dalam2 hutan, bibit2 pohon itu banyakan yang mati :(.

Masih banyak yang harus ditingkatkan oleh Dinas terkait. Sarana permainan anak sudah pada rusak, bangku2 taman pun sama. Dan meskipun tempat sampah cukup memadai, namun kesadaran pengunjung masih saja menyedihkan, sampah terlihat dimana-mana, memberikan kesan kalo hutan kota ini kotor… #sedih, jauuuh banget kalo dibanding dengan kebersihan di Taman Cattleya Tomang (karena petugas kebersihannya banyak, kalo pengunjungnya mah sama aja… jorok)

Berikut random pictures saat Oliv asik main di Hutan Kota Srengseng. Imported Photos 00260 37D Imported Photos 00257Kembangan-20140928-02122  Kembangan-20141025-02261Kembangan-20141025-02257 Kembangan-20141025-02246

Kembangan-20150222-03929

hutan kota
Oliv main pasir hutan kota seperti halnya dia main di pantai waktu di Bali, ditebar2 sampai ke badan padahal pasir sini banyak semut dan mungkin saja ada kotoran kucing *banyak kucing liar* hiks… hiks…

htn srengseng_Fotor

Monggo lho mampir kesini…

Hutan Kota Srengseng

Jalan Haji Kelik, Jakarta Barat

Cheers.

AL

Advertisements