Resep Sus Vla Durian

sus duren2

Hari ini mau sharing resep kue Sus. Karena lagi musim si raja buah a.k.a durian, mari kita modif sedikit isian vlanya. Kalo sebelumnya sudah pernah buat kue sus dan sudah cocok dengan resepnya, silahkan pakai resep yang biasa saja ya, hanya perlu modif sedikit saja pada saat pembuatan vla, tambahkan daging durian yang sudah dihaluskan. Resep dibawah untuk kurang lebih 20 pcs sus ukuran sedang.

Kulit Sus

Bahan:

1. 125 gram mentega atau margarin

2. 1/4 sdt garam

3. 250 ml air

4. 155-160 gram terigu protein sedang (jika suka hasil yang lebih kokoh gunakan protein tinggi)

5. 4 telur utuh ukuran sedang

Cara Membuat:

Satukan dan didihkan no.1-3, kecilkan api tambahkan no 4, aduk sampai kalis (menggumpal jadi satu dan tidak lengket di panci) matikan api. Biarkan hangat2 kuku, tambahkan telur 1 per 1 sambil dimixer. Semprotkan diatas loyang kue kering dengan menggunakan kantong segitiga dan spuit bunga. Oven dengan panas tinggi +/- 15 menit kemudian turunkan api ke panas sedang sampai buih2 di kue hilang. Usahakan jangan buka pintu oven sebelum matang ya… karena kue yang sudah membumbung tinggi dan cantik akan kempes seketika.

Nah ini agak sulit bagi yang masih pakai otang dan juga tidak sabaran seperti saya. Idealnya kalo pakai otang, panggangnya per satu loyang dan letakkan di rak tengah, tapi biasanya saya sekaligus masukkan 2 loyang (pernah 3), karena panas kurang merata, loyang harus tukar posisi atau loyang atas harus diangkat dulu karena sudah matangĀ sebelum jadi hangus, akibatnya loyang bawah yang sudah menul2 cantik sebagian akan jadi peyot :(. Tapi gak pa2 sih kalo hanya untuk dikonsumsi keluarga sendiri. hehehe.

sus duren 1
Adonan yang sudah dimixer dengan telur, dan kulit sus yang baru diangkat.

Vla Durian

Bahan:

1. 500 ml susu cair

2. 100-150 gram daging durian yang sudah dihaluskan

3. 1/4 sdt garam

4. 60 gram gula pasir

5. 45 gram maizena encerkan dengan 4-5 sdm air

6. 1 kuning telur

7. 2 sdm mentega (kehabisan mentega jd kmrn pakai margarin, tetap ok kok)

Cara Membuat:

Campur rata dan didihkan no. 1-4, kentalkan dengan no. 5 aduk sampai meletup letup, tambahkan no 6 aduk cepat, matikan api, masukkan no. 7 aduk rata. Dinginkan.

Belah sus dan semprotkan atau sendokkan vla ke dalamnya. Lebih yummy jika disajikan dingin.

Selamat mencoba.

AL

Advertisements