Review Photobook Indonesia ala saya.

photobook2b_Fotor

Suatu kali saya tiba2 punya ide mencetak photo2 Olivia dalam bentuk photobook untuk dikirimkan ke emak engkongnya di Jawa. Cari2 informasi akhirnya coba buat di Snappy, karena baru pertama kali bikin beginian jadi pilih yang murah aja (vertikal, 20×15 cm, softcover harganya 110rb termasuk ongkir), hasilnya lumayan. Saya tidak pernah mencetak photo Olivia sebelumnya (kecuali foto bingkai dari Siloam waktu baru lahir), boro2 sengaja dibawa ke studio untuk di foto2 dan dibuatkan album #tepokjidat. Semua foto2 Olivia hasil asal jepret emaknya tersimpan manis di pc kantor dan di eksternal.

photocollage
Photo Collage karya emak Oliv *lebih mirip mading sekolah :p*

Nah pas ada waktu lowong saya coba pilih2 beberapa foto untuk dicetak ukuran 4R. Tadinya mau bikin collage pake bingkai yang cantik, tapi gak jadi karena hasil cetaknya kurang bagus (bukan salah studio foto tapi salah maminya karena sebagian besar foto hanya bermodalkan camera BB jadul padahal punya pocket camera digital). Mikir keras apa ya yang kira2 bisa dimanfaatkan di rumah, nemu papan bekas bingkai poster, ya sudah pakai ini saja, cukup di pilox dengan warna hitam, gantungannya pake rantai mote warna gold, foto dipotong bentuk square, trus ditempel lem putih PVAc, gantung deh di dinding. Hasilnya yahhh gitu deh… lumayan hehehe. Sejak buat photobook snappy buat mak-engkong saya jadi pengen punya juga, kali ini mau coba bikin di Photobook Indonesia. Pernah beberapa kali liat promonya di Groupon, jadi tungguin promo lagi aja ah *harga normalnya mihil*.

Desember 2014 kesempatan itu datang juga, langsung beli voucher berikut ini masing2 satu. Sengaja beli yang beda biar bisa di compare.

Voucher seharga Rp. 99.000,- nett untuk 8″ x 8″ Small Square Softcover, 40 pages – 190gsm Photo Lustre Paper
Harga normal : Rp. 315.000,-

Voucher seharga Rp. 169.000,- nett untuk 8″ x 8″ Small Square Image wrap Hardcover, 40 pages – 170gsm Premium Silk Paper
Harga normal : Rp. 605.000,-

Cara redeem voucher cukup mudah. Jadi kita masuk ke http://www.photobookindonesia.com lalu kita bisa download photobook designer atau bisa juga pakai online readybook jadi gak perlu download. Saya sendiri pakai online readybook. Ada banyak tema yang tersedia, trus templatenya masih bisa kita utak atik. Simple kok, dikerjakan berkali kali juga bisa, tinggal save dan nanti kapan2 dilanjutkan lagi. Kalo design sudah selesai tinggal order deh, masukkan kode voucher, order. Duduk manis, sekitar 1 mingguan kemudian photobook hasil design kita akan diantarkan oleh DHL. Meskipun namanya Photobook Indonesia, tapi pengerjaannya di Malaysia hiks.

Berikut snapshot si photobook di halaman belakang rumah biar dapat sinar matahari dan hasilnya ala ala rustic wannabe hahaha. Ini adalah hasil design dari saya yang kurang kreatif, pasti akan lebih keren kalo dikerjakan orang yang punya jiwa seni dan kreatifitas tinggi.

photobook1
softcover = green; hardcover = blue, ukurannya sama. Yang green untuk oma Olivia dan blue untuk kita. Secara keseluruhan puas sih, pengerjaan cepat, packing rapi, jilid juga ok. Dengan beda harga sekitar 70 rban, next kalo bikin lagi mending yang hardcover aja.
photobook2a_Fotor
Atas yang softcover – bawah hardcover, isinya hampir sama yaitu tentang perkembangan Oliv dari 0-24 bulan. Hanya saja yang untuk Oma, lebih banyak foto2 moment cucu dan oma, plus beberapa foto kecil saya dan adik2. *yang bawah sedikit lecek page 1 nya gara2 oliv kelewat semangat bolak balik kertasnya huhuhu*
photobook3_Fotor
Kuntum Nurseries Bogor, Taman Budaya Sentul, Eco Art Park Sentul
photobook4_Fotor
Momen ultah ke-2 my baby bear. Jadi ingat deh… ini tiup lilinnya hampir jam 11 malam, karena di hari special ini mati listrik hampir satu kota Jakarta raya dari jam 2 siang, jadi yang tadinya mau tiup lilin pas mami pulang kantor pake kue ultah bear semok buatan mami, terpaksa ditunda sampai listriknya nyala. Sempet makan malam dulu sama karyawan2 papi di resto Bengawan Solo dekat rumah. Selesai makan blm nyala2 juga, masa mau foto2 pake nyala lilin dan lampu darurat mini yg cahayanya gak seberapa? hiks sediiih banget waktu itu. Mikirnya ya udah besok pagi2 aja, pas udh siap2 mau tidur eh nyalaa. Emaknya sih mau tetap besok aja tapi papi bilang sekarang. Ya udah langsung gantiin baju, keluarin bear semok dr kulkas, jepret2, doa, tiup lilin, done. Emaknya sedikit melow akibat ulah pln but coba ambil hikmahnya aja, bahwa di b’day Oliv yang kedua, seluruh Jakarta “ikut” tiup lilin saat listrik menyala 🙂 Love you babyyy
photobook5_Fotor
Ultah papi *sing ultah sopo sing dicium sopo… wkwkwk*

Seneng akhirnya punya album photo yang bisa dipamerin ke saudara atau sahabat yang main ke rumah. Rencananya mau bikin lagi abis pulang dari liburan ke Bali bulan Mei nanti, edisi khusus liburan ceritanya. Mudah2an ada promo lagi yaaa (di webnya juga sering promo sih).

Updated Sept 21, 2015

Sedikit updated tentang Photobook untuk Bali Trip. Jadi saya beli lagi voucher di Groupon, ukuran 8″ x 11″ Medium Portrait Imagewrap Hardcover, 40 pages, premium silk paper.Bedanya dengan hardcover terdahulu hanya pada ukuran saja. Dapat harga 169k sudah termasuk ongkir. Beli dari bulan Mei, tripnya juga bulan Mei, tapi baru sempat buat photobooknya di september awal -__-. Untuk kali ini saya download designernya dulu, jadi kalo mau design2 gak perlu online. Sama saja sih, gak beda jauh caranya dengan kalo kita design pakai online ready-book, hanya agak lama pas upload file karena kan filenya cukup besar. Seperti biasa prosesnya cepet banget, 5 hari sejak upload file DHL sudah ngetuk2 pintu, hasilnya rapi, suka deh (kalo design sih tetep cupu… :D). Kali ini foto reviewnya rada asal nih… maaf ya…

cover pb bali
cover
page 1 & 40
page 1 and page 40

pb bali 2

Semoga review ala ala saya ini bermanfaat.

Cheers,

AL

Advertisements