Setelah sekian lama baru kemarin baking egg tart lagi. Lalu tiba2 terpikir untuk sekalian dijadikan bahan postingan di blog :p. Sebenarnya egg tart a.k.a pie susu ini resepnya sudah bejibun lah ya kalo kita tanya ke mbah Google, tapi gak pa2 deh bisa buat nambah2 referensi kan ya hehehe

pie susu 1
Pie dengan isian vla yang hanya memakai tepung maizena
pie susu large_Fotor
Pie susu dengan vla yang memakai tepung custard, warnanya lebih cantik

Bahan Kulit Pie:

  1. 150 gram margarin atau mentega
  2. 2 sdm gula halus (gula tepung)
  3. 2 kuning telur
  4. 300 gram terigu serbaguna
  5. 1 sdm tepung maizena (bisa di skip)

Bahan isi (vla):

  1. 5 butir telur utuh (atau 8 kuning telur)
  2. 3 sdm gula pasir
  3. 250 ml susu cair
  4. 1/2 kaleng susu kental manis
  5. 100 ml air matang
  6. 30 gram tepung custard
  7. 1/2 sdt vanilli bubuk

pie susu 2

Cara membuat:

1. Kulit Pie: campur bahan 1-3 lalu mixer sampai pucat, tambahkan bahan 4-5 lalu aduk rata menggunakan spatula, bulatkan, bungkus dengan plastik, masukkan lemari es 15-30 menit, keluarkan, lalu cetak di loyang pie (bisa yang kecil2 atau yang besar).

2. Isi (vla) : sementara bahan kulit pie didiamkan di lemari es, kita siapkan bahan isinya. Kocok rata (pakai garpu saja) telur dan gula pasir, sisihkan. Campur dan aduk rata susu cair, skm, dan tepung custard dan vanilli, kemudian satukan dengan telur dan saring.

3. Panaskan oven +/- 180 derajat celcius

4. Tuang perlahan cairan telur ke dalam pie, lalu panggang sampai matang.

5. Angkat, dinginkan. Lebih nikmat jika disajikan dingin.

Note:

  • Dengan resep kulit pie diatas, saya menghasilkan 1 loyang pie ukuran 22 cm, dan 5 mini pie ukuran 5 cm. Bahan isi juga pas2an.
  • Biasanya kulit pie saya buat dengan cara di cacah2 pakai garpu (gak punya pisau pastry) sampai berbutir butir, tapi mentega ditambah lagi sekitar 50 gram. Mixer ini cara instant menurut saya (hasilnya tetap enak kok).
  • Karena malas giling2, jadi cetaknya hanya di tekan2 dengan ujung jari (agar kulit pie gak jadi keras jangan diulen dengan telapak tangan dan jangan dengan segenap tenaga ya :p )
  • Kemarin lupa cek bahan, ternyata pas mau bikin isinya eh tepung custardnya abis sama sekali. nah lho gimana ini… akhirnya coba2 aja pakai maizena, jadi kemarin custard 30 gram saya ganti dengan maizena 20 gram (asumsi saya tepung custard berfungsi untuk membantu mengokohkan vla, jadi bisalah di sub oleh maizena) dan ternyata Puji Tuhan hasilnya tetap ok. Tapi kalo pakai tepung custard warnanya lebih kuning jadi lebih cantik (photo ke-2).
  • Panggangnya sampai pinggir kulit pie keemasan dan isi pie set (tidak apa2 kalo bagian tengah masih sedikit goyang2, nanti akan set sendiri).
  • Mendekati mau matang, api bisa dikecilkan untuk mencegah isi mengembung. Karena kalo mengembung dia akan menciut dan keriput pada saat dingin, sehingga sedikit mengurangi keindahan hehehe (pada foto pertama adalah contoh vla yang sempat mengembung sedikit, ditambah posisi otang yang kurang rata sehingga vla bergelombang)

Demikian resep, catatan, dan tips pie susu ala2 saya yang sotoy :p

Cheers,

AL

Advertisements