May 11, 2015

Devata morning

Lanjutan cerita day 2. Kita bangun sekitar jam 6.30, masih banyak waktu untuk leyeh2 dan foto narsis sebelum mandi :). Abis mandi, lanjut breakfast. Kita hanya dapat jatah untuk 2 orang, biaya tambahannya 35 rb per orang. Menu sarapan bisa pilih american breakfast atau nasi goreng, di buffet hanya ada roti dan aneka selai, kopi, teh, susu segar dan jus.

Tanahlotheader
Pura Batu Bolong

Hari ini tujuannya adalah Tanah Lot dan Pura Ulundanu, Bedugul. Berangkat jam 8.30 dan sampai di Tanah Lot 40 menit kemudian. Htm turis lokal 10rb dan parkir 5rb. Pengunjung cukup ramai pagi ini. Sebelum turun ke Pura Tanah Lot, kita jalan ke arah kanan, menuju Pura Batu Bolong sambil menikmati pemandangan laut yang  indah. Oliv seperti biasa, ogah diajak foto, muka ditekuk terus sambil protes panas ^__^.

Tanahlot1

Setelah puas kita turun menuju Pura Tanah Lot. Ramai banget tapi masih bisa dinikmati sih. Menurut informasi semakin siang air laut akan semakin tinggi sehingga daratan menuju pura akan tertutup air. Jika tadi diatas Oliv ngeluh2 panas, maka disini meskipun sama2 panas, dia terlihat sangat enjoy apalagi waktu saya ijinkan main basah2an… happy berat dia. Lucu banget waktu dia berdiri menunggu ombak, pakai joget2 sambil nyanyi “Via menang… Via menang… In the name of Jesus…” Pas dihantam ombak dia tahan sampai sempoyongan dan ketawa kegirangan, maksudnya menang melawan ombak kali ya hahaha #kelakuan . Tapi sekali-kali pas ombak besar mendekat dia kabur juga sambil ketawa heboh sampai2 ada turis taiwan yang liatin sambil senyum2 trus foto2 in dia.

tanahlot3b

tanah lot4
 bocah mulai happy karena ketemu air
tanahlot5
“via menang… via menang…” menantang ombak :p
tanahlot6
Cuek aja diajak foto bareng mami… 😦

Puas main air kita naik keatas lalu cari toilet untuk salin. Tadinya kita mau makan siang disini, tapi ternyata restonya belum siap menerima tamu, agak aneh mengingat sudah jam sebelas lewat. Katanya akan siap sekitar jam 12, daripada nunggu mending makan dekat bedugul saja. Mama sempet membeli beberapa daster dan kaus di toko suvenir yang ada di sini, harganya wajarlah, gak digetok yang gimana gitu. Selesai belanja kita lanjut perjalanan ke Bedugul.

Jarak dari Tanah Lot ke bedugul sekitar 50km, kita tempuh dalam waktu 1 jam 15 menit. Bedugul merupakan wilayah dataran tinggi yang tentu saja berhawa sejuk. Mendekati taman wisata Ulundanu Beratan, ada beberapa resto yang menawarkan bersantap dengan view langsung ke perbukitan, tapi kami gak makan disini. Begitu parkir kita cari makan di warung2 yang ada di taman wisata ini. Kita semua pesan bakso ayam karena penasaran dengan rasanya, dan juga hangat2 jadi pas dengan hawa yang sejuk. Menurut saya kuah kurang gurih dan baksonya tidak kenyal, jauh lebih mantap bakso sapi yang biasa kita makan. Tapi lumayan lah masih bisa diterima mulut dan perut.

Ulundanu1

HTM untuk turis lokal 10rb saja. Daya tarik utama di sini adalah Pura Ulundanu yang merupakan pura terbesar kedua di Bali, terletak di tepi danau Beratan. (Gambar pura ini yang biasa kita lihat di pecahan 50.000 itu loh). Jika air sedang pasang akan menghasilkan pemandangan yang dramatis karena seakan puranya berada di tengah2 danau. Sebelum sampai pada gapura yang akan membawa pengunjung pada pura, kita akan melewati taman yang indah dan luas serta terawat dengan baik, tersedia juga playground anak yang permainannya cukup lengkap.

ulundanu2
Pura Ulun Danu Beratan… Indah!

Begitu memasuki gapura maka di depan kita tersaji pemandangan yang menyegarkan mata dan jiwa. Hawa sejuk dipadu dengan kabut yang turun di atas perbukitan sekeliling danau membuat betah siapa saja untuk berlama-lama disini.

ulundanu3
Pura Ulun Danu dari sisi lain
danauberatan
sisi lain Danau Beratan… aslinya seperti di negeri dongeng

ulundanu5

Selain santai menikmati pemandangan alam, kegiatan lain yang bisa dilakukan disini antara lain memancing, naik kapal motor, naik bebek2an (sepeda air), bahkan banana boat aja ada. Sayang saya lupa ambil fotonya. Oliv minta main sepeda air, tapi mulai mendung dan yang main hanya 1 atau 2 orang jadi saya tolak dan ajak main di playground saja 🙂

ulundanu7
Berlarian di taman yang asri, luas dan bersih
ulundanu6
Playground

Hari semakin sore, waktunya berpisah dengan Ulundanu. Perjalanan berlanjut ke Ubud, tepatnya ke Jalan Hanoman, Tegal Sari Accomodation, tempat bernaung di malam terakhir dan yang paling saya nantikan dalam trip ini karena sudah dibooking sejak bulan Oktober 2014 *kurang lama apa coba hehehe*. Cerita dan review lanjut di day 4.