dot6_Fotor_Collage_Fotor
This is it… bee’s and ladybird apem by Chef Oliv ^__^

Salah satu kegiatan yang bisa dilakukan bersama anak saat weekend adalah baking. Beberapa minggu lalu kami oprek2 dapur lagi bermodalkan resep Apem Dot-Dot (Apem Karakter) dari mbak Azlita masam manis *silahkan ubek ubek blognya ya… banyak bangettt resep keren disana, penjelasannya juga detil*. Oliv ikut terlibat dari proses awal sampai akhir… tapi hasil karyanya yang abstrak lupa difoto hiks. Meskipun baking kali ini murni untuk fun time saja bersama si anak kicik (jadi emaknya sudah mempersiapkan hati, mulut dan tangan untuk rela jika rumah berantakan, hasil berepotan dll), tapi tetep aja lho… keluar dari mulut saya… itu jangan… ini jangan…, tangan saya dikit2 beresin ini dan itu… hahaha emaknya kurang konsisten. Setelah kuenya jadi… anaknya cuma makan 1 pcs, padahal rasanya enak lho… suer! 🙂

dot6_Fotor_Collageb

Lalu sekitar 3 minggu lalu, saya beli ovomaltine yang lagi promo di elevenia. Ini adalah pertama kali saya coba cokelat oles yang hits ini, dan rasanya… yummyyy… Trus kepikiran enak kali ya kalo di oles diatas sponge cake vanilla yang lembut (sebagai pengganti chocolate ganache). Nah pas ada momen ulang tahun salah satu teman kantor, mari kita coba saja apakah rasanya enak sesuai bayangan saya. Jadilah pas hari libur Waisak pagi2 sebelum anak kicik bangun saya baking si vanilla sponge cake lembut (pakai resep chef Yongki… google saja ya.. banyak kok yang sudah mencoba dan terbukti enak).

Cakenya saya hias waktu Oliv tidur siang, cake ukuran 20×20 saya belah rata menjadi 2 lalu potong menjadi 2 (jadi ada 4 lembar cake ukuran 20×10, tapi untuk cake ini saya hanya pakai 3 lembar, sisanya saya tumpuk dengan sisa adonan yang dipanggang dengan loyang 10×22 untuk dimakan orang rumah). Taruh 1 lembar cake diatas tatakan cake, ciprat atau oles dengan simple syrup (bisa juga kopi instant yang dicairkan), semprotkan ovomaltine merata dengan mengunakan kantong segitiga, susun 1 lembar cake diatasnya, oles simple syrup, taburkan keju parut, susun 1 lembar cake lagi lalu oles simple syrup dan semprotkan ovomaltine.

Karena sudah lama tidak baking cake yang di dekor jadinya saya tidak punya stock apa2 untuk menghias si cake. Akhirnya saya ambil beberapa keping oreo, buang creamnya, blender lalu taburkan diatas cake. Sisi2 cake dioles sedikit dengan ovomaltine (lebih bagus pakai ganache or buttercream or whipping cream), lalu susun astor sekeliling cake (sebagai pagar), tapi karena astornya kurang jadilah saya manfaatkan katetong hasil baking bersama chef Oliv, biar gak plain atasnya saya tabur dengan beberapa butir m&m… jadi lah si cake terkesan agak kekanakan… hahaha…

Setelah dicoba keesokan harinya, ehm enak siiihhh tapi saya rasa ovomaltine lebih cocok berteman dengan si roti saja daripada si cake… 🙂

vanila sponge A

vanila sponge B
Yang berulang tahun pose bersama si cake (bawa cakenya pakai box holl*nd bakery hihihi)

Balik ke cerita baking (fun) time dengan Oliv. Setelah vanilla sponge cake masuk Oven, saya mempersiapkan bahan2 untuk membuat Rainbow Katetong /lidah kucing (untuk katetong saya cocok pakai resep NCC), jadi nanti setelah si anak kicik bangun, mandi dan makan, bisa langsung ber fun time ria.

Setelah adonan selesai dikocok saya bagi menjadi 3, masing2 beri sedikit pewarna merah, kuning dan hijau. Masukkan ke dalam kantong segitiga. Lalu semprotkan memanjang pada loyang lidah kucing (pakai loyang kuker biasa juga bisa ya, oles tipiiiis saja dengan margarin atau lebih baik kalo dialas dengan baking paper). Sengaja hanya pakai 3 warna, karena kalo pakai 5 atau 6 warna waktu pengerjaannya akan lebih lama. Oliv saya kasih 3 kantong segitiga dengan 1/3 isi masing2 warna dan 1 loyang, sehingga dia bisa berkreasi sendiri. Seperti biasalah ya… adonan di semprot secara abstrak, ada gunung, ada ular, ada obat nyamuk hehehe. Setelah adonan bagian saya selesai, baru saya urus sisa adonan Oliv. Saya arahkan untuk membentuk love, bulat dan panjang.

Nah… kalau katetong ini dia doyan… begitu matang (padahal masih anget), dia udah ngunyah 6-7 keping sambil santai di halaman belakang rumah 🙂

rainbow cat A

rainbow cat B

Good job chef… lain kali kita baking lagi yak…

Cheers,

AL

