kuntum 1

Wah udah lama juga ya gak update blog saya yang culun ini…. Ternyata gak gampang untuk konsisten menulis. Salut deh sama blogger yang rajin menghasikan tulisan2 baru minimal 1 dalam seminggu. Sebenarnya banyak cerita yang pengen didokumentasikan tapi kok gak nemu2 waktunya ya #soksibuk.

Dari beberapa tulisan yang masih ngendon di draft, saya selesaikan dulu yang satu ini. Saya itu termasuk orang yang kurang suka nongkrong or window shopping di mal2 yang tersebar di seantero Jakarta raya ini, suka jadi mumet gituuu (abisnya cuma window shopping sih, kalo shopping beneran pasti segar bugar #mumetnyanantipasliatsaldotabungan hihihi). Untuk groceries seringnya ke superind* yang dekat rumah, belanjanya bisa ringkes gak kebanyakan muter. Ngemallnya sebulan cukup 1 atau 2 kali aja, untuk makan or kalo pas ada keperluan lain atau sekadar latah nyobain mall baru yang lagi ngehitz :D. Nah kalo weekend seringnya kruntelan aja di rumah, udah bosan di rumah ya ke hutan kota or taman kota, kalo bosan juga baru deh rekreasi ke tempat2 wisata di seputaran Jakarta dan yang tidak terlalu menguras kantong.

Berikut adalah beberapa tempat yang pernah kita datangi selain kebun raya bogor, taman cattleya, taman suropati, dan pantai ancol. Sekalian untuk dokumentasi jalan2 oliv di masa2 emaknya belum punya blog. Beberapa diantaranya memang mainstream sekali, saking terbiasanya dengar nama2 itu (misalnya TMII dan Ragunan), kadang membuat kita merasa enggan untuk datang (contohnya my hubby -__-), padahal banyak yang bisa di eksplore loh. Cobain deh…

Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

tmiiPas mertua datang dari Purworejo, iseng2 kita janjian dengan keluarga adik ipar untuk main ke TMII. Ngetik ini tiba2 pengen ngajak hubby main kesini lagi deh… karena dulu datangnya rombongan dan bawa orangtua maka jalan2nya dibawa santai, cuma sempat main di Anjungan, Aquarium Air Tawar dan Taman Kupu. Sekarang kan Oliv sudah agak besar, kayaknya udah lebih menikmati kalo kita bawa ke museum2nya. Kesini lebih enak weekend biasa sih, ramai tapi masih cukup nyaman. Sebaiknya hindari saat long weekend or public holiday ya, karena pasti penuh sekali dengan pengunjung, nanti bukannya rekreasi malah tambah capek. Seharian menjelajah TMII kayaknya gak akan bosan deh karena TMII ini luas banget. Anak-anak bisa edutainment di museum2 (diantaranya Museum Transportasi, Museum Serangga, Museum Perangko, Museum Komodo dll), Aquarium Air Tawar, Taman Burung, Taman Kaktus, Taman Kupu dll. Wahana permainan juga banyak (mobil keliling, kereta gantung, istana anak2). Untuk info tiket dan keterangan selengkapnya langsung cus ke webnya aja ya.

Kebun Binatang Ragunan

ragunan

Terletak di Jl. Harsono RM No. 1, Pasar Minggu, lokasinya cukup mudah dijangkau. Dengan HTM yang murmer #pakebanget, KBR ini sangat memenuhi syarat untuk jadi tempat berakhir pekan bagi keluarga. Terakhir saya ke ragunan itu pas SD deh kayaknya hehehe…. Nah setelah ada oliv udah dua kali ke sini (tapi foto2 kunjungan kedua terselip entah kemana :(. Awalnya males sih karena imagenya kan kotor, bau, dan banyakan orangnya dibanding binatangnya :D. Setelah puluhan tahun gak kesini #lebay, Ragunan sekarang cukup bersih kok dan lumayan lengkap loh. Anak-anak dapat mengenal binatang secara langsung, ada playground, ada wahana permainan dengan harga tiket yang murah, banyak pepohonan teduh jadi bisa piknik asik. Jangan kuatir kalo gak sempet menyiapkan bekal dari rumah, karena ada foodcourt yang menyediakan menu beragam dengan harga terjangkau.

Jumlah dan jenis binatangnya menurut saya sudah sangat cukup sekedar untuk memuaskan rasa ingin tahu anak2 apalagi yang masih balita, selain gajah , zebra, dan mamalia lainnya, ada juga berbagai jenis burung, aneka reptil, dan aneka primata (apalagi kalo sempat masuk ke Pusat Primata Schmutzer, bayar lagi tp murmer). Pokoknya lengkap deh. Yah jangan dibandingkan dengan Taman Safari or kebun binatang lain yang tiket masuknya berpuluh puluh kali lipat dibanding Ragunan. Tapi saya mendukung jika pemda DKI jadi menata ulang KBR menjadi lebih baik dan prestisius *secara ini kan kebun binatang Ibukota*, HTM boleh dinaikkan tapiii jangan menyamai Taman Safari yaa 🙂

Playparq Bintaro

Lokasinya di Jl. Bintaro Taman Barat Kav 10, Bintaro. HTM weekend waktu itu 90.000 per anak, pendamping pertama free, pendamping selanjutnya 10.000. HTM weekend yang terbaru 100.000 per anak, harga pendamping sama. Mereka juga menyediakan paket untuk ulang tahun. Anak-anak sudah pasti happy lah ya kalo kesini, karena bisa sepuasnya main air di waterplay, manjat dan sliding di giant castle, flying fox, trampoline dsbnya. Selain outdoor juga tersedia indoor playset, sayang waktu Oliv kesini indoor playsetnya sedang renovasi. Sambil menunggu anak2 main, orangtuanya bisa ngemil cantik di lounge. Intinya kalo punya anak tidak lebih dari dua, masih terjangkau sih main kesini, tapi kalo lebih… mikir juga kali yaaa, 3 anak plus pendamping saat weekend itu minimal kita harus merogoh kocek sebesar 350 ribu, kalo saya prefer main di paradise dreamland aja deh :p

playparq

playparq3

palyparg 2
Super happy main trampoline, ngakak gak habis2 🙂 Udah ganti baju  eh balik main air lagi, jadi celananya basah deh… karena gak bawa cadangan lain akhirnya kancutan doank -_-

Ocean Ecopark Ancol

Ruang terbuka hijau yang terletak di dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol mempunyai luas sekitar 34 hektar dan merupakan hasil dari pengalihan lahan padang Golf. Seperti umumnya kalo main di ruang terbuka sebaiknya pagi2 atau sore sekalian agar matahari tidak terlalu menyengat. Kita bisa naik sepeda, main kano, naik perahu ke Eco Island sambil memberi makan ikan2 yang mengikuti perahu, nanti di Islandnya bisa kasih makan rusa, ngejar2 unggas dan burung :). Atau sekedar berpiknik dibawah pohon.

ecopark

Kuntum Nurseries

kuntum2

Sekarang kita bergeser sedikit menjauh dari Jakarta, ke wilayah Bogor tepatnya di jalan Raya Tajur No 291, Bogor. Kalo dari Jakarta keluar gate Bogor, belok kiri ke jl Pajajaran, lurus saja nanti adanya disebelah kiri jalan. Mengutip dari web maka Kuntum Nurseries adalah sebuah kawasan agrowisata terpadu yang menggabungkan konsep nursery, tempat rekreasi dan edukasi. HTM 25rb per orang, makanan dan susu ternak kisaran 5-10 rb per porsi (kayak makanan manusia aja hehehe ). Disini anak-anak kota diajak kotor2an saat panen sayuran organik di Wisata Kebun. Mendapat pengalaman memberi makan kelinci, marmut, ikan, memberi minum susu kambing dan sapi dalam Wisata Ternak. Bisa melihat aneka unggas, kura2 bahkan naik kuda. Bapak2 bisa memancing di kolam pancing, sambil ngemil or makan siang di beberapa resto yang ada. Bagi yang hobi tanaman dapat membeli aneka bibit atau tanaman untuk diangkut pulang. Banyak hal yang bisa dipelajari, banyak kegiatan yang bisa dilakukan, seru deh pokoknya. Tidak heran Kuntum Nurseries menjadi favorit banyak orangtua kekinian terutama yang buah hatinya masih balita.

Update baru bisa dibaca disini

Eco Art Park dan Pasar Ah Poong, Sentul

ahpoong
udah ubek2 tapi gak nemu foto Ah Poong tampak depan… sok atuh di google udah ada ribuan fotonya 🙂

Waktu itu hanya sekedar mampir untuk memuaskan rasa penasaran karena heboh banget kayaknya. Ah Poong adalah restoran dibawah jaringan Food Court Eat & Eat yang menawarkan konsep makan dengan view keindahan sungai Cikeas ( yang gak indah2 banget, karna airnya sering butek). Rencananya kita mau makan siang di Kopi Oey Taman Budaya jadi di Eat & Eat Ah Poong saya ngemil cakue dan snow ice durian aja. Abis ngemil cantik, sebelum lanjut ke Taman Budaya, Oliv main2 dulu di Eco Art Park yang bersebelahan dengan Ah Poong. Di Eco Art Park ini ada Taman Patung, Taman Energi dan Taman Bambu yang mungkin akan lebih dapat dinikmati anak-anak usia SD sampai remaja.

Taman Budaya Sentul

Taman Budaya Sentul berada dibawah manajemen PT Sentul City, mengusung konsep One Stop Tourism & Entertainment dengan menawarkan wisata culture (membatik, melukis, clay making and creation), adventure (outbond, fun games & team building, trekking) serta green nature (padang rumput yang luas dengan view pegunungan). Untuk tempat makan kita bisa pilih Kopi Oey, Resto Pancarsari ataupun foodcourt. Setiap kesini kita pasti makannya di Kopi Oey, jadinya gak bisa review resto yang lain deh (review makanan di Kopi Oey juga kayaknya gak perlu, karena apa? karena dimanapun dan kapanpun selama di resto itu menyediakan mie, maka dipastikan itu yang dipesan Oliv dan babenya -__-, tapi kalo di Oey saya sukanya pesan singkong goreng sambal roa yummy!). Dibandingkan dengan Ah Poong, kita lebih betah berlama lama disini. Makan ditemani semilir angin dan view ijo royo2, trus abis makan anak2 bisa naik kuda or main layangan or main bubble or main di playground or sekedar lari2an.

taman budaya 2

taman budaya
happy bisa lari2 di padang rumput luas

Water Kingdom Mekarsari

Uuh pegel juga ngetik lumayan panjang, ini yang terakhir deh untuk pos kali ini :). Water Kingdom Mekarsari terletak di Jl Raya Cileungsi – Jonggol KM 3, sebelahan dengan Taman Buah Mekarsari. Sebenarnya gak terlalu jauh, tapi karena jalurnya yang macet bikin malas. Main kesini juga karena janjian sama adik saya yang tinggal di Cileungsi. Jadi sambil rekreasi sambil temu kangen om dan ponakan #eaaa. Water Kingdom mengklaim dirinya sebagai the Largest Waterpark in Asia, entah valid atau gak ya hehehe. Tapi memang luas banget sih, fasilitas juga OK dan cukup bersih, wahana2nya sangat menantang (keliatannya, krn saya gak nyobain euy). Kemarin kita sewa cabana 150rb per 3 jam (kalo gak salah, udah lupaa), trus pesan makan untuk diantar ke cabana. Agak rugi sih karena kita mainnya gak optimal, bayangkan… dari 4 orang dewasa, tidak satupun yang berenang beneran atau main wahana, semua sok2 sibuk ngangon 1 bocah #haiish -_-.

water kingdom2

waterkingdom1

Demikianlah pemirsaaah… sekilas info tempat wisata keluarga murmer untuk kali ini. Sampai jumpa lagiiii 😀

Cheers…

Advertisements